Sunday, May 1, 2016

Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat

Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat ini salah satu favorit si adek. Widiiiiih, lidahnya Indonesia banget ya Dek hihihi :p.

Tapi nyobain oatmeal juga dia doyan, sih. Hanya saja, pas mencoba sereal tepung beras coklat ini pertama kali, beuh....sampai disedot-sedot sendiri sendoknya. Anak pinteeeerrrr, enggak sia-sia dah bikin Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat ini sendiri *kibasCelemek*.


Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat


Masalahnya, 2 hari nyobain MPASI sereal tepng beras coklat, ealah pup-nya jadi susah. 


Perkenalan tepung beras coklat dilakukan setelah sereal oatmeal. Pas oatmeal, 3 hari berturut-turut, enggak ada masalah. Pup-nya selalu lancar dengan tekstur sudah mulai padat dan warna agak tua. 

Kalau pup pas masih ASI ekslusif kan lebih cair dengan warna kuning muda sampai kuning coklat. Baunya juga sudah mulai "sedap" pas mulai makanan padat hihihi :p.

Walau adek bayi nampak ngefans abis dengan si sereal tepung beras coklat, tetap saja pas tahu sembelit, hari ke-3 percobaan langsung dihentikan. Langsung dikasih pear hari itu biar perutnya bisa "enak" lagi.

Kasihan kan, selama ng-ASI, pup-nya bisa dibilang tidak pernah bermasalah. Pasti lumayan stres lah ya dese kalau mendadak sembelit :p.

Tapi pas awal-awal saja. Setelah perkenalan buah dan beberapa sayur, tepung beras coklat diberikan lagi. Dan sudah tidak sembelit :D. Tentunya, tetap doyaaaan *tepukTangan* 

Kalau di Jakarta banyak yang jual tepung beras coklat yang sudah jadi. Tinggal dimasak lalu diencerkan dengan asi/sufor/air matang hangat. Di sini agak jarang yang jual :(.

Tadinya malah dikira tidak ada sama sekali. Ternyata ada toko yang jual, kok. Memang toko ini spesialisasi "makanan sehat" yang serba organik. Alhamdulillah, ketemu tepung beras coklat organik. Telat ajeeee tahunya huhuhu.

Tepung beras coklat sih bisa banget bikin sendiri. Cuma memang perlu food processor yang agak "bagusan" yak. Karena gilingnya lama boooo. 

Saya pikir tuh ya, penampakan tepung beras coklat itu ya warna coklat kayak warna berasnya. Ternyata enggak sama sekali hahaha. Memang enggak putih banget tapi ya sama sekali tidak coklat. Hanya agak krem aja gitu.

Nih, coba lihat perbandingannya di bawah, antara beras coklat vs tepung beras coklat (setelah berasnya digiling sampai halus). 

Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat


Saya sendiri belum memperkenalkan tepung beras putih dan tepung beras merah nih. Kalau tepung beras putih kayaknya memang skip saja. Nanti langsung saja deh ke beras putih yang dimasak jadi bubur.

Tepung beras merah ya isunya sama, di sini enggak ada yang jual. Beras merahnya saja belum pernah nemu. Kalau beras coklat sih dijual di mana-mana ^_^. 

Mungkin karena banyak pendatang Asia (India, Pakistan, Tim Teng, Cina, dll), supermarket lokal pun pada jual beras lho. Paling banyak ya beras Basmati. Tapi ada juga yang menjual long grain rice, yang umum dikonsumsi oleh orang Indonesia dan sekitarnya. 

Beras putih maupun beras coklat biasanya dijual berdampingan. Makanya kalau mau bikin tepung beras coklat sendiri ya bisa banget ;).

Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat


Bahan :

  • Beras coklat, sekitar 100-200 gr atau terserah mau seberapa. Nemu tips di youtube, katanya kalau bisa masukkan dulu ke dalam kulkas agak lama. Soalnya nanti digilingnya kan lama. Takut kepanasan. Saya sih, langsung giling saja hehehe.
  • Air matang untuk memasak
  • Asi/sufor/air matang untuk mengentalkan sereal

Cara Membuat :

  • Giling beras coklat via blender atau food processor sampai halus.
  • Biasanya sih tetap saja ada yang tertinggal. Jadi, setelah selesai, saring dulu.
  • Tepung yang dihasilkan dari saringan ditaruh dalam toples buat persediaan. Kalau bikinnya enggak terlalu banyak ya bisa langsung dimasak semuanya. 
  • Didihkan air matang
  • Masukkan kira-kira 3 sendok makan tepung beras coklat (ini bisa buat 3-5 porsi, terserah kapasitas si anak ya cocoknya seberapa)
  • Aduk terus sampai kental dan air terserap lalu matikan api
  • Selesai deh ^_^.

Kalau mau langsung diberikan kepada si kecil ya taruh seperlunya dalam mangkok. Sisanya bisa disimpan dalam wadah-wadah kecil untuk diberikan di waktu-waktu makan selanjutnya. 

Wadah tersebut bisa disimpan dalam freezer (tahan sekitar 2-3 bulan). Atau disimpan di kulkas bagian non-freezer, tahan sampai 3-4 hari.

Ingat ya, kalau disimpan sekaligus dalam satu wadah yang sama. Karena makanan beku kalau sudah dikeluarkan tidak boleh dibekukan lagi harus langsung dihabiskan. Makanya disimpannya per satu porsi makan saja ;).

Kalau kepengin bikin MPASI sendiri di rumah, boleh ya Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat ini semoga bisa jadi pertimbangan ya ^_^. Titip cubitin pipi dedek bayinyaaaaaa :D. 




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...