Wednesday, March 2, 2016

Resep Bakso Ayam

Resep Bakso Ayam rasanya hampir mirip sih ya dengan Resep Bakso Sapi. Saya juga pernah bikin bakso sapi tapi karena suami saya cenderung kolesterol tinggi, kami membatasi konsumsi daging merah.

Resep Bakso Ayam juga hasilnya enak kok. Anak-anak doyan. Suami oke. Saya juga suka. 

Resep Bakso Ayam Gampang


Antara daging sapi atau daging kambing, sebenarnya saya lebih suka daging kambing. Lebih empuk dan tidak perlu dimasak terlalu lama. Hemat listrik hahaha :p. Di sini kan masaknya pakai kompor listrik dan tagihan listrik tuh sungguh bikin kantong perih. 

Ternyata, bikin bakso itu tidak seribet yang dibayangkan. Ya maklum lah dulu di Indonesia manalah kepikiran mau bikin bakso sendiri. Wong tinggal jajan kok ya hahaha. Bisa juga  beli kemasan yang sudah jadi di supermarket. Aneka merek aneka rasa, pokoknya tinggal dorong ke dalam stroller :D.

Mungkin juga ribetnya dulu karena ogah beli Food Processor hihihi. Lah ya gimana mau giling dagingnya? Nah, sejak hamil anak ketiga tempo hari tuh, didera aneka rupa ngidam ini-itu jadilah kebeli juga Food Processornya.

Please deh, padahal harganya enggak mahal-mahal amat hahaha *ngakakKikir*. 

Sebenarnya lebih karena takut enggak kepake aja sih. Takut angin-anginan doang. Ternyata, memang kepake banget (y).

Tidak hanya berguna untuk bikin Resep Bakso Ayam tapi juga bisa buat bikin Siomay dan Empek-empek hehehe. Eh, yang empek-empek belum sempat masuk blog nih. Malas bikin lagi. Anak-anak gak doyan :(.

Awal praktik bikin Resep Bakso Ayam sempat bete, ya. Soalnya pakai full daging ayam dan hasilnya kurang kenyal pakai banget. Padahal sudah pakai putih telur. Akhirnya dapat tips dari Mbak Diah Didi, kalau mau kenyal campur saja dengan daging ikan. 

Voila! Kalau masterchef yang ngasih tips mah enggak bakal salah deh hehe. 

Resep Bakso Ayam


Bahan :

  • 300 gr daging ayam fillet
  • 100 gr daging ikan fillet (jenisnya mana-mana ajalah yang ada di kulkas hehe. Ikan di sini yang sering saya beli itu kalau bukan Ikan Cod ya Ikan Basa atau Ikan Hammour).
  • 1 butir putih telur (yang kuning sisanya nanti digoreng aja hihihi)
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • Kaldu ayam blok secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 100 gr Tepung tapioka (ini kira-kira saja ya pokoknya jangan kebanyakan aja. Kalau kurang masih lebih baik).

Cara Membuat :

  • Masukkan ke dalam food processor : daging ayam + daging ikan + putih telur + bawang putih + kaldu ayam. Haluskan.
  • Keluarkan hasil adonan dari food processor dan taruh dalam mangkok. Campur garam + merica + tepung tapioka. Uleni adonan.
  • Saat menguleni ini kan pasti lengket banget ya. Ada yang ngasih tips pakai sarung tangan plastik. Tapi bisa juga sediakan satu mangkok air dingin. Sesekali basuh tangan di mangkok tersebut. Sila pilih yang mana. Saya pakai tips air dingin itu.
  • Kalau bakso tidak apa-apa kalau diuleninya agak lama sampai adonan dirasa kalis (tercampur rata).
  • Panaskan air sampai mendidih.
  • Bentuk adonan seperti bola-bola kecil dan cemplungin ke air mendidih. Caranya bisa dengan dimampatkan diantara telunjuk dan ibu jari. Karena licin kalau dipencet kan keluar tuh adonannya sebesar yang kita inginkan. 
  • Tunggu sampai matang. Ciri-cirinya saat matang, bakso mengambang di air. 
  • Angkat dan tiriskan.

Resep Bakso Ayam


Kalau saya mentok sampai bikin baksonya saja hihihi. Enggak pernah bikin kuahnya. Soalnya memang bakso ini diniatin buat jadi lauk tanpa kuah.

Untuk yang Food Combining, Resep Bakso Ayam ini sebenarnya kurang ideal. Soalnya ada tepung ketemu protein hewani. Tapi ya kadang saya kalau sudah terlanjur bikin bakso ya ikut makan juga hehe. Sama saya dimakan pakai sayuran segar plus kacang tanah sangrai kalau ada. Kayak contoh di gambar atas tuh :D.

Buat suami dan anak-anak juga gitu. Dimakan pakai nasi. Kasih sayuran segar pelengkap plus sambel (buat suami). Entah praktis entah malas hahaha.

Sebagian baksonya juga saya simpan di kulkas. Nanti bisa buat campuran nasi goreng, bikin capcay, atau masukin ke menu mi goreng.

Ya salah satu hikmah tinggal di rantau. Jadi bisa bikin bakso ya Kakaaaaa, hahahaha :p. 

Jangan salah dulu pertama kali bikin bakso saya panik karena adonannya kok lengket terus huhu. Saya pikir harus diuleni sampai tidak lengket. Sudah modar tangan mengaduk kok ya masih lengket saja. Sampai saya ribut minta petunjuk para masterchef di Jeddah via whatsapp hahaha. 

Baru dikasih pencerahan, "Ya kalau bakso kan emang lengket. Toh nanti direbus juga keras." Ampuni saya yang memang rada oon dalam dunia dapur ini, sungkem pada para suhu :D. 

Lama-lama ya lancar sendiri. Enggak susah-susah amat ya ternyata. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Sila dicoba Resep Bakso Ayam -nya ;).



1 comment:

  1. Maaaaak, oh ya ampuuun, kok dikau bisa produktf begindang siih?

    HEBAT! Punya 3 krucil, blognya beranak pinak pulak :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...