Wednesday, March 16, 2016

Mengenal Istilah Daging dalam Bahasa Inggris

Istilah daging dalam bahasa Inggris cucok nih buat para perantau di negeri-negeri bule hehehe. Tapi sebenarnya banyak negara-negara Eropa Barat yang malah tidak lazim menggunakan bahasa Inggris.

Beruntunglah saya terdamparnya di Irlandia, salah satu dari dua negara Eropa yang berbahasa Inggris hihihi :p. Tapi umumnya istilah-istilah bahasa Inggris dianggap pakem kok ya ;). 

Jangan khawatir. Di Swiss pun tempo hari, penduduk lokal banyak yang fasih berbahasa Inggris (y). 

Istilah Daging dalam Bahasa Inggris
Gambar : pixabay.com



Dari teman-teman India dan Pakistan di sini saya mengenal istilah Mutton. Soalnya kalau kita tanya-tanya masakan mereka, mereka suka pakai istilah chicken atau mutton. Misalnya kita tanya soal nasi biryani nan hits itu. Jenisnya ada 3 : chicken, mutton atau vegetable.

Mutton apaan, sih? Nah, ayo belajar sama-sama hehehe ;). 

Untuk daging hewan terbagi atas 3 bagian :

1. MEAT

Umumnya istilah meat dikenakan untuk daging yang berasal dari hewan ternak sejenis sapi, kambing, dan domba. 

Beef : istilah untuk daging sapi. Biasanya dihasilkan dari sapi ternak yang usianya berkisar 18 - 24 minggu.

Veal : istilah untuk daging yang dihasilkan oleh sapi yang usianya lebih muda. Dihasilkan oleh sapi muda (calf) yang berusia sekitar 18-20 mingggu.

Lamb : istilah untuk daging kambing/domba muda. Biasanya lamb diperuntukkan untuk jenis daging yang dihasilkan oleh kambing/domba yang berusia di bawah satu tahun. 

Hogget/Yearling : istilah untuk daging yang dihasilkan oleh kambing/domba yang usianya sekitar 1-2 tahun.

Mutton : istilah untuk daging yang berasal dari kambing/domba yang usianya lebih dari 2 tahun. 

Istilah Daging dalam Bahasa Inggris
Gambar : pixabay.com


Pork : istilah untuk daging babi. 

Ham/Bacon : istilah umum untuk daging babi yang biasanya sudah setengah diolah. Tapi tidak semua istilah bacon artinya daging babi sih, ya. Kadang-kadang bacon juga diperuntukkan untuk yang non babi. Ini penting buat yang muslim ;). Buat jaga-jaga hehehe.

Offal : istilah ini untuk bagian-bagian dari hewan yang sifatnya non-daging. Kalau di Indonesia mungkin sama dengan jeroan kali, ya. Misalnya : lidah, otak, limpa, hati, ekor, kaki, dsb. 

2. Poultry

Kalau hewan unggas istilahnya lain lagi. Dagingnya tidak disebut "meat" tapi pakai istilah Poultry ini :D.

Chicken : istilah umum untuk daging ayam

Capon : istilah untuk daging yang berasal dari ayam muda yang dibesarkan khusus. Dagingnya lebih lembut dan tulangnya berwarna lebih putih.

Battery : istilah untuk daging ayam yang dipotong di usia sekitar 6 minggu. Dipelihara secara intensif secara ekslusif tanpa dibiarkan berkeliaran bebas di luar kandang. 

Istilah Daging dalam Bahasa Inggris
Gambar : pixabay.com


Guinea Fowl : istilah untuk unggas ayam jenis khusus. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada ayam biasanya. 

Turkey : istilah untuk daging ayam kalkun. Biasanya turkey menjadi menu khusus untuk acara semacam Thanksgiving atau bahkan hari Natal dan hari-hari besar lainnya di "western world" :D. 

Duck and Goose : istilah untuk daging bebek. 

3. Game

Kalau game ini diperuntukkan untuk hewan-hewan lain yang tidak khusus diternakkan sebagai bahan makanan manusia. Hewan ini hidup di alam bebas dan harus "diburu" untuk ditangkap. 

Pheasant : istilah untuk daging dari burung khusus yang asalnya dari China. Kalau diterjemahkan namanya Burung Pegar kalau dalam  bahasa Indonesia.

Pigeon dan Squab : istilah untuk daging burung dara. Sedangkan squab untuk daging  burung dara muda. Biasanya mereka dipiara khusus dan tidak dibiarkan terbang. 

Segitu dulu ya informasi tentang berbagai istilah daging dalam Bahasa Inggris. Ya kali-kali nanti terdampar di mana gitu dan bingung mau beli daging di toko hihihihi :p. 

Kalau di Jakarta mah tinggal teriak kalau penjual sayur lewat depan rumah, "Ndrooooong, ayam satu, potongin ya, kulitnya dipisah!" Voila, 10 menit  kemudian sudah siap dalam satu kantong plastik. Tinggal bayar! Hahahahaha.

Gondrong itu nickname tukang sayur langganan saya di Jakarta :D. 

When you were away from home, many small things like this suddenly became important matters ;). Dulu rasanya layanan model begitu biasa saja. Begitu tinggal di luar negeri, baru nyaho' hahaha.

Sumber : Buku "Meat, Game & Poultry Cookbook" 

Btw, kalau sudah tahu jenis dagingnya, tentu harus dimasak dong yaaaaa hihihi. Ini beberapa vlog resep saya tentang beberapa resep yang menggunakan daging sapi.

Yang ini video tentang cara membuat sambal goreng daging sapi :



Berikutnya ini, video tentang cara membuat Empal Gepuk Daging Sapi :








No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...